All New Xenia 1000 cc Mobil Irit | Pindah Posisi

Laman

Kamis, 30 Agustus 2012

All New Xenia 1000 cc Mobil Irit

Saat ini di Indonesia banyak tersedia merek dan tipe mobil MPV (Multi-Purpose Vehicle) yaitu yang ditujukan untuk mengangkut keluarga atau penumpang. Dari berbagai merek yang terkenal dan dari tipe dan jenis mesin pun banyak macamnya. Tinggal konsumen sendiri yang menentukan pilihannya terhadap mobil apakah yang akan diambilnya. Mobil MPV di Indonesia terdiri dari berbagai macam mulai dari kelas bawah, kelas menengah, kelas atas, dan kelas mewah. Salah satu mobil MPV yang terkenal irit adalah jenis All New Xenia 1.000 cc. Dari hasil uji coba yang dilakukan oleh penulis sendiri, mobil ini mampu menempuh perjalanan 19,5 kilometer hanya dengan 1 (satu) liter bensin.

Mobil All New Xenia sudah dilengkapi dengan EPS (Electric Power Steering) yang membuat putaran steer lebih ringan karena tidak menggangu kinerja mesin dan tidak menyedot bahan bakar ketika melakukan berbagai maneuver karena memiliki sistem penggerak sendiri. Untuk perjalanan singkat dan banyak berhenti, seperti di dalam kota mobil Xenia 1000 cc ini mampu menempuh perjalanan sekitar 15 km dalam 1 liter bensin sedangkan dalam jarak jauh yang jarang berhenti dengan kondisi jalan lurus berbukit dan berliku bisa mencapai 18-19 km per 1 liter bensin dengan hasil test drive teririt 19,5 km per 1 liter bensin.

Namun, selain dari faktor mobil yang membuat irit BBM adalah cara pemakaian dan kondisi jalan, mungkin dengan kondisi jalanan yang datar konsumsi BBM Xenia 1000 cc bisa mencapai angka di atas 20 km per liter. Jika kondisi jalanan macet dan banyak berhenti dan berjalannya serta cara mengemudikan kendaraan yang rakus tentunya konsumsi BBMnya bisa turun menjadi 10 km per 1 liter bensin.

Dari pengalaman menggunakan All New Xenia 1000 cc, mobil tersebut bisa menjadi sangat irit jika kita dalam mengemudi menerapkan cara mengemudi yang mendukung irit BBM dan menjadi lebih rakus BBM jika kita menggunakan mobil tersebut dengan lebih kasar tentunya. Jadi, faktor manusia, mobil, dan jalan serta situasi jalanan amat sangat menentukan irit atau tidaknya konsumsi BBM oleh sebuah kendaraan.

1 komentar:

  1. aku sdah coba sendiri bisa lbih 20km, pakai al new xenia 1000cc, mantap buat sering keluar kota nih mobil, enak di kantong

    BalasHapus