Cara Mengunci Stir Mobil (Lock) | Pindah Posisi

Halaman

Kamis, 30 Agustus 2012

Cara Mengunci Stir Mobil (Lock)

Setiap stir mobil sudah dilengkapi dengan fitur keamanan pada stir agar tidak dapat digerakkan dan digunakan oleh orang lain, hal ini sama dengan kunci stang pada motor. Namun semua itu tentunya tidak menjadi masalah bagi si pencuri yang memang berniat ingin mengambil barang tersebut. Jadi, dengan adanya kunci steer paling tidak bisa menambah waktu buat si pencuri bahkan bisa mengurungkan niatnya untuk mencuri. Untuk itu, jangan lupa untuk mengunci stir mobil atau stang motor anda.

Seorang pencuri ingin mengambil sebuah kendaraan tentunya melalui berbagai tahap, di antaranya menonaktifkan alarm mobil, membuka pintau, membuka kunci stir, dan menghidupkan kendaraan dengan kunci khusus dan sebagainya. Jika stir sebuah mobil dikunci (locked) maka dia harus merusak kunci tersebut terlebih dahulu sebelum tahap selanjutnya. Dengan kondisi terkunci tentunya akan ada upaya untuk membukanya dan perlu waktu lagi. 

Berikut ini cara mengunci stir mobil: Rumah kunci mobil terdiri dari beberapa switch, yaitu LOCK, ACC, ON, dan START. Lepas kunci steer dari posisi switch LOCK tentunya. Kemudian setelah kunci atau kontak mobil dilepas, lakukan pemutaran pada stir ke arah kiri (berlawanan arah putar jarum jam), setelah hampir setengah putaran (kira-kira 60-75 derajat) maka stir akan terkunci yang ditandai dengan bunyi klik dan stir tidak dapat digerakkan lagi. Perlu diingat bahwa stang kemudi hanya akan terkunci jika kuncinya sudah dilepas dan roda kemudi diputar ke arah kiri.

Setelah roda kemudi di kunci, jangan lupa untuk mengunci semua pintu mobil anda agar terhindar dari kejahatan pencurian mobil. Sedangkan untuk membukanya, silakan baca tulisan Cara Membuka Kunci Stir Mobil.

Demikian cara mengunci roda kemudi mobil (steer), semoga bermanfaat bagi yang belum mengetahui caranya walaupun sebagian besar sudah mengetahui. Barangkali sangat bermanfaat bagi yang belum dan jarang menggunakan fitur LOCK ini.

4 komentar:

  1. Yg bener mas? "Lakukan pemutaran pada stir ke arah kiri", bukannya ini bs merusak power steering??

    BalasHapus
  2. Benerapa kali kejadian tidak bisa starter suzuki splash....steer tidak terkunci..tidak trkunci sama sekali.....anak kunci tidak bisa didorong dan diputar kearah acc dan on.....knap
    a ya.. Akirnya aku sengajakan steer
    saya kunci...setelah putar stir sambil putar kunci selalu tidak bisa dorong dan putar ke arah acc dan on...dan sll saya coba cara tersebut kadang bisa starter kadang tidak..lebih banyak sih gagal....knp ya?........setelah mobil dipake terus parkir dlm keadaan steer tdk dikunci...eh mau start gak bisa lagi....

    BalasHapus
  3. Klo di mobil saya setelah kunci di lepas, putar ke kanan dikit dah ngunci, roda tetap lurus, tidk bergeser sedikit pun, apa itu jg sdh mengunci? Soalnya bunyi klik jg,

    BalasHapus
  4. mobil saya kalau ngunci steer hampir diputer 90 derajat bisa ga disetel jadi 15 derajat

    BalasHapus